Sabtu, 29 September 2012

                                

UNESCO Akui Batik Indonesia Sebagai Warisan Dunia
Pada 2 Oktober 2009, lembaga PBB di bidang pendidikan dan kebudayaan (UNESCO) mengakui batik sebagai hasil budaya bangsa Indonesia. Akhirnya dunia mengakui batik merupakan salah satu warisan umat manusia yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia.
Pengakuan UNESCO tersebut diberikan dengan alas an karena pemerintah beserta rakyat Indonesia dinilai telah melakukan banyak langkah nyata untuk melindungi dan melestarikan batik secara turun temurun. Dan juga keragaman motif batik yang ada di Indonesia yang memliki banyak makna filosofi mendalam.
Upaya supaya batik diakui UNESCO telah melewati perjuangan panjang yang melibatkan banyak pemangku kepentingan terkait industry batik. Diantaranya yaitu pemerintah kita, para pengrajin batik, pakar-pakar batik, asosiasi pengusaha batik, dan tentunya masyarakat luas. Sukses pengakuan batik oleh UNESCO ini juga tidak lepas dari kerja keras perwakilan RI di negara-negara tim juri.
Akhir-akhir ini batik kembali bangkit dan menggebrak panggung mode di Indonesia. Sekarang batik mempunyai aneka ragam mode pakaian baik untuk laki-laki maupun perempuan. Kini batik diaplikasikan dengan sangat kreatif. Sekarang, pakaian batik untuk perempuan banyak memiliki terobosan baru, begitupun untuk laki-laki, sekarang tidak lagi seformal dahulu. Kini batik menjelma dengan ragam untuk banyak kesempatan.
Demam batik telah menjadikan masyarakat Indonesia untuk lebih melek batik. Orang telah banyak mengetahui asal daerah batik, memperhatikan kualitas jenis batik. Dibandingkan dengan beberapa decade lalu, orang-orang dan khususnya anak muda menjadi lebih PD mengenakan pakaian batik dimanapun dan kapanpun. Ini merupakan sinyal positif yang harus kita jaga. Yang menjadi masalah adalah jangan sampai euforia ini hanya menjadi tren semata.
Langkah pemerintah yang menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional adalah sangat tepat. Yang kita lakukan sekarang hanyalah mendukung dan menunjukkan kebanggaan bahwa batik harus tetap eksis di planet ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar